Jernihkan Air Kotor tanpa Zat Kimia

08/09/2016 17:25

Potensi intensitas hujan yang tinggi di Indonesia sebagai negara beriklim tropis terkadang menimbulkan banjir, terutama jika Anda tinggal di lingkungan dengan wilayah pemukiman penduduk yang padat seperti jabodetabek. Pada saat banjir, atau ketika intensitas hujan sedang tinggi, tak jarang Anda mendapatai air yang keluar dari kran terlihat keruh. Sebagaimana ciri-ciri air bersih yang harus jernih, tidak berwarna, berasa, dan tidak berbau, jelas air yang keruh salah satu ciri bahwa air yang terdapat di lingkungan Anda tidak sehat.

Ketika Anda mendapati air yang keruh atau tidak memenuhi ciri fisik air bersih, Anda dapat melakukan penjernihan tanpa zat kimia seperti dibawah ini:

Cara sederhana menjernihkan air: Membuat media penyaring Air

1.       Pasir

Ukuran pasir yang digunakan berukuran 0,2-0,8 mm. Pasir biasanya berada pada tengah-tengah tab penyaringan.

2.       Arang batok kelama

Diameter yang digunakan haruslah 0,1 mm, arang berfungsi aktif untuk mengurangi warna dan bau.

3.       Kerikil, Ijuk, dan batu.

Seperti saringan air tradisional pada umumnya, Anda dapat menyediakan juga kapur, tawas atau kaporit untu menggumpalkan kimia pencemar agar mengendap.

Buat alat penyaring air:

Siapkan penampung air atau wadah sebanyak 3 buah, dimana salah satu wadah haruslah berbentuk tabung untuk dijadikan alat saring. Letakkan batu kerikil yang sudah bersih pada wadah pertama yang sebelumnya Anda beri lubang pada bagian pertengahannya.

Masukkan batu pada wadah kedua atau wadah yang berbentuk tabung, tambahkan batu kerikil, arang kerikil, arang tempurung kelapa, pasir harul, ijuk, tambahkan pasir halus, lalu tambahkan ijuk lagi. Susun semuanya hingga saling bertumpuk.

Wadah terakhir merupakan wadah untuk menampung hasil airnya nanti.

Jika Anda mendapati sangat sulit untuk membuat saringan air tradisional ini, ada baiknya Anda menghubungi seorang professional yang mampu memberikan solusi seperti water treatment untuk mengatasi filter air yang bermasalah. Hydromart.co.id juga menyediakan RO Membrane yang mampu untuk menyingkirkan beragam kontaminan aestetik yang menimbulkan air keruh, bau dan rasa yang tidak sedap.

 

Sumber : https://www.hydromart.co.id/