Penyebab Printer Menjadi Tidak Berfungsi

15/09/2016 09:44

Document Solution – Anda mungkin pernah mengalami kesalahan atau error saat hendak melakukan pencetakan dokumen dari komputer anda. tentunya hal tersebut sangat mengganggu, apalagi bila anda sedang bur-buru. Biasanya, ada beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan gangguan tersebut terjadi seperti berikut:

1. Koneksi Printer

Koneksi antara perangkat komputer dan perangkat mesin cetak biasa maupun printer multifungsi sering kali tidak terhubung secara baik, untuk itu, ada baiknya anda selalu pastikan koneksi antara printer dan komputer terhubung secara baik dengan jaringan listrik yang ada. selain itu, pastikan juga bahwa kabel power printer telah tercolok atau terpasang secara sempurna pada stop kontak.

2. Switch Printer

Sebelum melakukan pencetakan, anda harus perhatikan dulu secara seksama apakah saklar yang ada pada printer atau tombol switch printer sudah dalam keadaan ‘ON’. Biasanya, bila tidak ada daya atau power pada printer, maka akan ditandai dengan tidak menyalanya lampu indikator, dengan kata lain, perangkat printer akan berjalan dengan baik bila lampu indikator tersebut menyala secara sempurna.

3. Kabel USB

Dan yang terakhir, pastikan sambungan antara kabel penghubung printer dan perangkat komputer terhubung secara sempurna melalui port paralel atau port USB yang ada pada masing-masing perangkat. Bila tetap tidak berfungsi, ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu kabel USB lain sebagai contoh, bila pada kabel lain ternyata berfungsi dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa kabel USB penghubung milik anda sudah mengalami kerusakan.

Untuk itu, selalu pastikan koneksi antara perangkat printer dan komputer anda berjalan dengan baik dan tanpa ada hambatan. Dapatkan juga berbagai printer murah dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda seperti jasa sewa fotocopy ataupun kebutuhan kantor  hanya di Document Solutions.

sumber: documentsolution.com